salju

Jumat, 05 Oktober 2012

Cara Mencari Hari, Tanggal Pensiun, dan Lama Bekerja

Batas usia pensiun sudah ditetapkan baik sebgai karyawan swasta maupun pegawai negeri. Jika kita tahu batas pensiun tersebut kita bisa mencari tahu tanggal berapa kita akan pensiun ? pada hari apakah itu ? dan berapa lama masa kerja kita ?

Berikut ini adalah tips Cara Mencari Hari dan Tanggal Pensiun dan Lama Bekerja dengan memasukan tanggal lahir, tanggal mulai bekerja dan batas usia pensiun.

Misalnya Anda lahir pada tanggal 20 Agustus 1980, mulai bekerja pada tanggal 25 Maret 2003 dan Anda akan pensiun di usia 60 tahun. Kita akan mencari nama hari dan tanggal pada saat pensiun dan lama bekerja. berikut ini adalah step by step-nya :
  1. Buka lembar kerja Microsoft Excel, kemudian ketikkan informasi diatas sehingga akan nampak seperti berikut :

    • untuk Cell C3 dan Cell C4, gunakan format dengan cara menuju ke Format Cell, tab Number, pilih Locale (Location) Indonesia, dan pilih sesuai format diatas.
    • Untuk Cell C6, gunakan format Custom 0 "Tahun" dengan cara menuju Format Cells, tab Number, pilih Custom, dan dibawah Type ganti tulisan General dengan 0 "Tahun", dan klik OK
  2. Ketikkan rumus fungsi berikut pada tempatnya :
    Ketikkan Pada Cell Rumus
    Cell C6 =EDATE(C3;C5*12)
    Cell C7 =TEXT(C6;"dddd")
    Cell C8 =IF(MID(YEARFRAC(C4;C6;3);4;2)="";YEARFRAC(C4;C6;3)&" Tahun ";TEXT(LEFT(YEARFRAC(C4;C6;3);2);"#")&" Tahun "&TEXT(MID((YEARFRAC(C4;C6;3));4;1)*12/10;"0")&" Bulan ")
  3. Jika Fungsi yang Anda masukkan benar maka tampilannya akan sperti berikut :
    Jika ada nilai yang tidak sama maka artinya kemungkinan terjadi kesalahan pengetikkan fungsi. Cek lagi fungsi yang Anda ketikkan.

Dengan menggunakan rumus fungsi seprti diatas, maka berdasarkan informasi awal kita dapat mengetahui bahwa Anda akan pensiun pada hari Senin tanggal 20 Agustus 2040, dan dengan masa kerja Anda adalah 37 Tahun 5 Bulan.

Penjelasan Fungsi yang digunakan
Fungsi EDATE
Fungsi EDATE digunakan untuk mencari suatu tanggal berdasarkan tanggal awal yang telah ditetapkan dengan interval (satuan waktu bulan). Dengan bentuk fungsi :  =EDATE(start_date;month)
Fungsi TEXT
Fungsi TEXT digunakan untuk mengubah data numerik menjadi format teks. Bentuk fungsinya :   =TEXT(value;format_text)
Fungsi IF
Fungsi If digunakan untuk mencari nilai logika dengan menyertakan syarat, dan mempunyai nilai benar dan nilai salah. Bentuk Fungsinya : =IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
Fungsi MID
Fungsi MID digunakan untuk mengambil karakter suatu teks pada posisi tengah sebanyak jumlah karakter yang dinginkan. Bentuk fungsinya : =MID(text;start_num;num_chars)
Fungsi LEFT
Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil karakter suatu teks dari posisi sebelah kiri sebanyak jumlah karakter yang diinginkan. Bentuk Fungsinya : =LEFT(text;num_chars)
Fungsi YEARFRAC
Digunakan untuk menghasilkan bilangan atau angka pecahan yang menunjukan periode waktu tahun yang dihitung berdasarkan tanggal awal dan tanggal akhir. Bentuk Funsinya : =YEARFRAC(start_date;end_date;basis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar