salju

Jumat, 12 Oktober 2012

Mengurutkan Data

Pengurutan worksheet digunakan untuk mengetahui produk dengan penjualan tertinggi dari unit yang terjual. Saat Anda mengurutkan data dalam worksheet, Anda harus terlebih dahulu menentukan kriteria pengurutannya. Pengurutan data diperlukan untuk memudahkan kita dalam mencari data. Pengurutan data biasanya dilakukan pada data dalam jumlah besar, misalnya suatu perusahaan dengan ribuan karyawan, sekolah, atau institusi pendidikan yang terdiri banyak siswa.

Dalam kasus tersebut pengurutan data sangat penting. Sebagai contoh menampilkan data urut berdasarkan nama pegawai dan mengurutkan data berdasarkan peringkat nilai tertinggi. Excel telah menyediakan fasilitas pengurutan data yang dinamakan sort. Secara garis besar sorting ada 2 macam, yaitu sebagai berikut.

  1. Ascending (pengurutan dari kecil ke besar). 
  2. Descending (pengurutan dari besar ke kecil). 
Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel data mahasiswa berikut.

Contoh Tabel Nilai Mahasiswa
Contoh Tabel Nilai Mahasiswa

Untuk mengurutkan tabel diatasmenggunakan kunci  kunci pengurutan berdasarkan Nilai. dimana mahasiswa dengan nilai yang paling tinggi berada di urutan pertama dan mahasiswa dengan nilai rendah berada di urutan terakhir.
Cara mengurutkan data adalah sebagai berikut.
1) Blok tabel (dimulai dari kolom yang akan disort/diurutkan)
2) Klik tab Data pilih subtab Sort & filter,
3) Klik Sort. perhatikan gambar berikut.

Langkah-langkah Pengurutan data
Langkah-langkah Pengurutan data

4) Kemudian tentukan kunci pengurutannya dan jenis pengurutannya. Perhatikan gambar berikut.

Jenis Pengurutan Data Berdasarkan Nilai terkecil ke terbesar
Jenis Pengurutan Data Berdasarkan Nilai terkecil ke terbesar

Keterangan:
Sort By : Kunci pengurutan pertama, dalam hal ini adalah Nilai Mahasiswa.
Order : Jenis pengurutan, misalnya dari urutan Largest to Smallest (Terbesar ke Terkecil).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar